Senin, 26 Juli 2010

Apa itu ADSL ?

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

Akses internet kecepatan tinggi kini dapat dinikmati oleh para pemakai internet dengan menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Pacific Link bekerja sama dengan PT. Telkom dengan jenis layanan MMA (Multi Media Access). Kecepatan upstream dan downstream tidak sama (asymmetric), upstream bisa mencapai 640Kbps sedangkan downstream sampai 8Mbps. Untuk layanan yang disediakan sekarang oleh Telkom MMA adalah upstream maksimum 64Kbps, downstream maksimum 512Kbps.Layanan ini menggunakan kabel telepon yang sama dengan yang digunakan para pelanggan telepon sekarang. Koneksi ADSL baik hingga jarak sekitar 5 km dari STO (Sentral Telepon Otomat) terdekat.Keuntungan
ADSL memberikan kemampuan Internet dan Voice/Fax secara simultan. Ini berarti anda dapat Surfing internet dan menggunakan Telepon atau Fax pada saat bersamaan. Ini akan memberikan kepuasan bagi Anda untuk menikmati High-Speed Internet Access tanpa kehilangan kontak telepon dengan relasi Anda.
Kecepatan koneksi lebih stabil karena masing-masing pemakai ADSL mempunyai jalur tersendiri hingga ke peralatan multiplexer di sisi Telkom. Kecepatan tidak terpengaruh oleh pertambahan jumlah pelanggan yang akses bersamaan.
Berbagai aplikasi multimedia masa depan, akan dapat dinikmati dengan kualitas serta kenyamanan yang optimal. Anda bisa mulai menjelajahi dunia Internet masa depan, Internet 3D – yang padat dengan animasi-video-musik.
Dapat menggunakan saluran telepon yang ada.

ADSL
Keuntungan
- Anda dapat tetap terhubung ke internet dan bisa tetap menggunakan saluran telepon untuk panggilan suara.
- Akses lebih cepat dari modem telepon biasa (tentunya ini masih tergantung dari kecepatan/bandwidth yang di berikan oleh ISP setempat dan kekuatan STO ataupun kemampuan kabel tersebut)
- ADSL tidak membutuhkan kabel baru (tapi kalo melihat kondisi di Bandung kebanyakan membutuhkan kabel baru lagi karena kabel lama yang kurang bagus).
- ISP biasanya menyediakan modem sebagai bagian dari instalasi

Kelemahan
- Koneksi ADSL bekerja lebih baik jika anda lebih dekat ke Pusat kantor penyedia layanan.
Kecepatan download lebih besar dari uploadnya (biasanya keceapatan upload setengah dari downloadnya) dikarenakan Teknologi Koneksi ADSL melayani bandwidth asimetrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar